Tes IQ hanyalah teguran

Siapa disini yang pernah mengikuti Tes IQ? Sahabat gapcer, gimana hasilnya? Apakah memuaskan atau memalukan? Saya sendiri juga sering mengikuti tes IQ, di SD, SMP, SMA dan kampus? Dan hasilnya IQ gw berubah-rubah, tidak konstan. Ini membuktikan, IQ kita dapat diasah. Gimana dengan hasil sahabat gapcer sendiri? Apa ada perubahan? Apakah itu lebih tinggi atau menurun?

Berbicara mengenai hasil tes IQ, saya teringat kisah nyata tes psikologi yang pernah dilakukan di suatu sekolah. Yups, ini adalah kisah nyata. Psikolog menilai, tes IQ bukanlah penentu kesuksesan bahkan hasil nilai di sekolah. Mereka mengadakan tes IQ di SD tepatnya untuk anak kelas 3SD. Tes IQpun berakhir, murid-murid mengumpulkan kertas tes IQ. Tim Psikolog ingin melakukan percobaan dengan sekolah ini yaitu menukar hasil tes IQ. Anak yang pintar mendapatkan IQ yang rendah, anak yang biasa saja mendapatkan IQ yang tinggi. Tibalah hari memberikan hasil tes IQ, Dengan bangganya, anak yang selalu juara pasti mendapatkan IQ yang tinggi. Berbeda dengan anak yang biasa saja, mereka pesimis dan malu akan nilai hasilnya. Tapi anak yang pintar merasa kaget sekali karena dia memiliki IQ yang rendah. Anak yang biasa saja merasa kebingungan karena selama ini dia mendapatkan nilai jelek tetapi bisa memiliki IQ tinggi, apa mungkin gw punya bakat terpendam ya? Percobaan tes IQ ini tidak hanya sampai disini saja. Tim psikolog ingin menilai hasil raport siswa SD tersebut. Hasil raport sungguh sangat mengejukutkan, karena siswa yang selalu juara mengalami penurunan nilai yang cukup drastis, siswa yang suka mendapatkan nilai merah dapat berkembang dengan pesat.

Sahabat gapcer, cerita di atas membuktikan bahwa hasil tes IQ yang sahabat dapatkan, bukanlah penentu kepintaran sahabat khususnya di bidang sekolah. Percuma, jika kita memiliki IQ yang tinggi tetapi kita tidak yakin dengan diri kita sendiri, malas untuk belajar, aktif di sekolah, berinteraksi dengan guru. Tes IQ hanya berfungsi untuk menegur kita, kalau kita memiliki IQ yang rendah, itu tandanya kita harus lebih mengasah kembali, bukankah tes IQ ini bersifat berubah-rubah, tidak statis? Jika tes IQ sahabat gapcer mendapatkan nilai yang tinggi, itu tandanya sahabat gapcer harus memanfaatkan kepintaran yang sahabat gapcer miliki untuk diri sendiri, orang tua, masyarakat. Percuma memiliki mobil ferrari, kalau kita tidak menggunakan untuk “ngebut”

Ingin konsultasi dengan Habibi Rizqi Ramadhan? Yuk add pin BBM 270B4197 atau dapat janji konsultasi gratis dengan menghubungi 085780890596
BAGIKAN
Artikel sebelumyaIstri bagaikan Buku ber"cover"
Artikelberikutnya2 Peraturan untuk Move On
Professor selalu menganalisa dari sudut pandang galau untuk mencari pemikiran cerdas dan membongkar fenomena yang terjadi di Indonesia. Beliau juga bersedia mendengarkan curhatan untuk sahabat Gapcer

TIDAK ADA KOMENTAR